Share Pengalaman Traveling Mengelilingi 26 Destinasi Pantai di Malang



Malang merupakan sebuah kabupaten di bagian selatan Jawa Timur yang memiliki tempat wisata alam yang sangat bervariasi, mulai dari dataran tinggi hingga wisata pantai yang sayang untuk Anda lewatkan. Sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan laut selatan, pesona pantai di Malang tidak diragukan lagi keindahannya. Deburan ombak yang kencang serta semilir angin pantai serasa menyejukkan. Terlebih lagi apabila kita diperbolehkan untuk bermain air di bibir pantai, pasti lelah-lelah selama perjalanan akan segera sirna.Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai Pantai di Malang. 

1. Pantai Balekambang
Pantai Balaikambang merupakan pantai yang sangat populer di Kabupaten Malang. Pantai ini sangat indah, bahkan beberapa orang menjulukinya sebagai Tanah Lot-nya Malang. Di sini, kalian dapat menaiki jembatan yang menghubungkan antara bibir pantai dengan sebuah Pulau Kecil, Pulau Ismoyo. Di Pulau Ismoyo, wisatawan dapat mengelilingi sebuah Pura yang terletak di atas bukit. Akses menuju tempat wisata pantai di Malang selatan ini sangat mudah, jalanan sudah beraspal dan halus. Pantai Balekambang berlokasi di daerah Desa Srigonco, Kecamatan Batur, Malang. Pantai yang ada di Malang ini cocok sekali kalian kunjungi bersama teman-teman terdekat.

2. Pantai Ngliyep
Pantai selanjutnya yang kita bahas adalah Pantai Ngliyep. Pantai di Malang yang mudah dijangkau ini juga terkenal sangat indah, bahkan mendapat julukan Lombok-nya Malang. Sepanjang bibir pantai, kalian akan melihat hamparan pasir putih yang dipadukan dengan tebing-tebing karang yang sangat memesona. Akses menuju pantai ini juga sangat mudah. Tiket masuk menuju pantai ini sekitar 15.000 per orang. Pantai di Malang yg mudah dijangkau ini berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

3. Pantai Tiga Warna
Pantai terindah di Malang ini memiliki karakteristik yang unik, karena memiliki warna air laut yang berbeda-beda. Apabila dihitung, warna air tersebut berjumlah tiga warna. Karakteristik pantai yang unik tersebut terjadi karena perbedaan kedalaman dasar lautnya. Secara umum, pesona Pantai Tiga Warna sangat indah. Kalian dapat berdiri di atas karang sembari berfoto dengan latar belakang pantai yang jernih. Ombaknya pun cukup tenang, karena terhalang karang dan bebatuan di lepas pantai. Tiket masuk objek wisata Malang ini sebesar 5.000 rupiah, dan kalian dapat menyewa guide untuk menemani perjalanan Anda. Lokasi Pantai Tiga Warna berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang.

4. Pantai Goa Cina
Pantai indah di Malang yang selanjutnya bernama Pantai Goa Cina. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tebing-tebing karang berdiri kokoh di sekitar pantai. Selain itu, pantai ini juga memiliki garis pantai yang lumayan panjang. Pantai ini dinamai Pantai Goa Cina karena memiliki goa yang dipercaya pernah dijadikan tempat pertapaan orang Cina sampai akhir hayatnya. Tiket masuk pantai ini sebesar 5.000 rupiah per orang. Tempat wisata murah di Malang ini berlokasi di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. 

5. Pantai Bajul Mati
Pantai terbaru di Malang ini bernama Pantai Bajul Mati. Pantai ini menawarkan keindahan pemandangan pantai yang indah. Pantainya bersih, pasirnya putih yang lembut, dan suasananya masih sangat asri. Pantai ini juga memiliki pemandangan sebuah bukit yang menyerupai buaya yang sudah mati, oleh sebab itu pantai ini dinamakan Pantai Bajul Mati.Tempat wisata pantai di Malang rayaini berlokasi di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Malang.

6. Pantai Sendang Biru 
Pantai di daerah Malang yang satu ini sangat asyik untuk dikunjungi. Pantai ini bernama Pantai Sendang Biru. Pemandangan pantai ini sangat indah. Ombak yang menerjang bibir pantai tidak begitu besar, sehingga aman untuk dijadikan lokasi berenang. Selain itu, pantai ini juga menjadi salah satu destinasi memancing di Kabupaten Malang. Berdasarkan penuturan para pemancing, pantai ini memiliki ikan laut beraneka ragam, dan begitu menantang untuk ditaklukkan. Untuk masuk ke wisata Malang Pantai Sendang Biru, kalian hanya dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah.

7. Pulau Sempu
Pulau yang satu ini masih satu kesatuan dengan objek wisata Pantai Sendang Biru. Biasanya, para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sendang Biru, akan membayar 100.000 rupiah untuk dapat menaiki kapal menuju ke Pulau Sempu. Ketika sampai di pantai paling indah di Malang ini, wisatawan akan merasakan kelembutan pasit putih yang memesona,sehingga sangat nyaman untuk dijelajahi tanpa menggunakan alas kaki. Selain itu, kalian juga dapat melihat pemandangan hijau yang menyegarkan. Di sekeliling bibir pantai, terdapat pohon-pohon hijau yang rindang. Suasanya sangat tenang dan asri. Pantai ini sangat cocok dikunjungi oleh kalian yang sedang mencari ketenangan. 

8. Pantai JonggringSaloko
Salah satu Pantai di Malang yang memiliki nama yang sama dengan nama kawah Gunung Semeru adalah Pantai JonggringSaloko. Nama ini diambil dari kisah pewayangan, di mana Betara Narada memiliki kahyangan dengan nama JonggringSaloko. Pantai ini merupakan salah satu pantai tersembunyi di Malang. Untuk menuju ke objek wisata ini, Anda harus menempuh perjalanan panjang, dengan kondisi jalan yang terjal. Namun demikian, rasa lelah Anda akan segera terobati setelah melihat kecantikan pantai ini. Pantai JonggringSaloko memiliki pasir putih yang indah, dikombinasikan dengan hamparan bebatuan karang yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Kalian juga dapat melihat karang besar yang terletak di tengah laut. Apabila kalian mengunjungi pantai ini pada pagi atau sore hari, kalian akan melihat pancaran sinar matahari sayup-sayup menerangi karang eksotis tersebut. Sungguh pemandangan yang sangat indah. Pantai JonggringSaloko berlokasi di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Malang.

9. Pantai Lenggoksono
Daftar pantai di Malang Jawa Timur yang selanjutnya adalah Pantai Lenggoksono. Pantai ini sangat unik, karena di sepanjang bibir pantai dipenuhi oleh bebatuan dengan kerikil berbagai ukuran. Pantai ini dikenal memiliki kekayaan laut yang sangat banyak, mulai dari cakalang, ikan, cumi, lobster, layur, dll. Hal tersebut menjadikan objek wisata ini cukup populer bagi kalangan pecinta olah raga memancing. Terlepas dari hal tersebut, Pantai Lenggoksono memiliki pemandangan alam yang bagus. Di sekeliling pantai terdapat perbukitan hijau yang menyegarkan mata, sekaligus menciptakan kesan rindang. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi bersantai di akhir pekan. Pantai Lenggoksono berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Malang. 

10. Pantai Banyu Anjlok
Pantai di Malang yang wajib dikunjungi ini bernama Pantai Banyu Anjlok. Objek wisata ini berjarak 30 menit dari Pantai Jonggoksono.Nama pantai ini diambil dari karakteristik pantai yang unik, karena memiliki air terjun persis di bibir pantai. Dalam bahasa Jawa,“Banyu Anjlok”berarti air yang turun dari ketinggian. Air terjun tersebut memiliki ketinggian tujuh meter, dan berasal dari sumber mata air sebuah bukit. Airnya segar dan jernih. Di lokasi tersebut, kalian dapat berendam di bawah guyuran air terjun sembari melepas lelah selama perjalanan. Pantai Banyu Anjlok berlokasi di Teluk Kletekan, Malang, Jawa Timur.

11. Pantai Modangan
Pantai yang satu ini bernama Pantai Modangan. Lokasinya berada di antara Kab. Malang dengan Kab. Blitar, dan berjarak sekitar 65 Km dari pusat Kota Malang. Pantai yang terletak di ujung barat Kabupaten Malang ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pasirnya pantainya berwarna kecokelatan, bertekstur lembut dan bersih. Untuk menuju pantai di Malang yang belum terjamah ini, kalian harus menempuh perjalanan panjang yang melelahkan. Tetapi setelah sampai lokasi, rasa lelah tersebut akan segera terbayar dengan keasrian objek wisata ini. Pantai Modangan terletak di Kali Tekuk, Ds. Sumberoto, Kec.Donomulyo, Kab. Malang.

12. Pantai Sipelot
Pantai di Malangyang satu ini bernama Pantai Sipelot. Meskipun namanya sedikit unik, tetapi pantai ini memiliki pemandangan yang indah. Pantai ini terbagi menjadi tiga kawasan. Di bagian tengahnya, sering digunakan oleh para nelayan untuk menyandarkan kapal-kapalnya. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dari pada pantai-pantai yang lainya. Selain itu, pantai ini juga telah didukung oleh fasilitas yang mendukung, di antaranya tempat makan, tempat parkir, musholla, kamar mandi, dll. Selain itu, kalian juga dapat mengunjungi sebuah air terjun, Coban Sipelot, yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Namun demikian, Coban Sipelot berlokasi di sebuah teluk, sehingga harus menggunakan kapal untuk menuju ke sana. Biaya sewa kapal tersebut sebesar 50.000 rupiah. Lokasi pantai Sipelot terletak di Kecamatan Tirtoyudo, Desa Pujiharjo, Kabupaten Malang.

13. Pantai Wonorogo
Pantai baru di Malang ini bernama Pantai Wonorogo. Pantai ini berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gedangan. Pantai ini menawarkan suasana alam yang indah. Dari bibir pantai, kalian akan menjumpai sebuah karang yang berbentuk memanjang,. Di sebelah timur, kalian juga akan melihat sebuah muara sungai yang mengalir ke lautan lepas. Dalam hal ini, muara tersebut sering digunakan sebagai spot memancing. Pantai ini sangat cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki hobi memancing,

14. Pantai Ngateb
Bersebelahan dengan Pantai Wonorogo, terdapat pantai di Malang yang masih sepi, bernama Pantai Ngateb. Pantai ini belum banyak dikenal publik, sehingga masih sangat asri. Meskipun demikian, pantai ini lumayan populer bagi kalangan peselancar, karena memiliki ombak yang relatif stabil untuk dijadikan spotsurfing. Wisatawan yang melakukan olah raga selancar tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga berasal dari mancanegara, seperti Australia. Lain dari pada hal tersebut, pantai ini memiliki pasir kecokelatan yang lembut, cocok sekali untuk dijadikan lokasi bermain pasir. Pantai yang sangat indah ini sangat cocok kalian kunjungi di akhir pekan bersama teman-teman terdekat.

15. Pantai Bantol
Pantai paling indah di Malang ini bernama Pantai Bantol. Pantai ini masih sangat asri karena belum banyak diketahui oleh publik. Akses menuju pantai ini lumayan sulit karena harus melewati hutan jati. Pantai ini memiliki danau air payau serta hutan mangrove. Pantai ini berlokasi di Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Pantai ini juga menjadi salah satu pantai di Malang yang bisa ngecamp. Pantai Bentol sangat cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki jiwa petualang.

16. Pantai Kondang Iwak
Pantai yang satu ini bernama Pantai Kondang Iwak. Dalam bahasa Jawa, “Kondang” memiliki makna “terkenal”, sedangkan “iwak” adalah ikan. Jadi, dapat diartikan sendiri kan artinya. Pantai ini berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, atau berjarak 70 Km dari pusat Kota Malang. Pantai ini masih sangat sepi dan memiliki panorama alam yang indah. Namun demikian, untuk menuju lokasi, dibutuhkan perjuangan, karena lokasinya lumayan sulit dijangkau. Pantai paling indah di Malang ini layak kalian kunjungi ketika sedang berada di Kabupetan Malang.

17. Pantai Kondang Merak
Pantai ini lumayan populer di Kabupaten Malang. Pantai Kondang Merak memiliki karakter yang khas, yaitu lumut menempel di sepanjang bibir pantai. Selain itu, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang indah. Di sini, kalian dapat menemukan landak laut, gurita, serta ikan-ikan kecil beraneka ragam. Berdasarkan informasi, dulunya banyak sekali ditemukan merak di lokasi ini, sehingga pantai ini dinamakan Pantai Kondang Merak.

18. Pantai Tambak Asri
Pantai ini memiliki pasir pantai yang berwarna kecokelatan dan bersih dari sampah. Pantai baru di Malang ini masih sangat asri, karena belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, pantai ini juga belum dikelola dengan baik sebagai sebuah tempat wisata. Pantai ini juga sering di sebut sebagai Pantai Sidoasri, karena terletak di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. 

19. Pantai Tamban
Pantai Tamban merupakan salah satu pantai di Malang yang searah dengan Pantai Sendang Biru. Pantai ini berlokasi di Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai in memiliki garis pantai yang panjang, dan dikelilingi pepohonan hijau dan beberapa pohon kelapa. Pantai ini juga menawarkan keseruan menaiki wahana jet ski serta parasailing. Pantai ini sangat cocok kalian kunjungi bersama kawan-kawan terdekat.

20. Pantai Licin
Pantai Licin sedikit berbeda dengan pantai lainnya, karena memiliki pasir berwarna hitam. Pasir hitam tersebut berasal dari Gunung Semeru yang terbawa aliran air Sungai Gidik menuju ke pantai. Pantai ini berlokasi di ujung timur kabupaten Malang, berbatasan langsung dengan Kabupaten Lumajang, tepatnya berada di Desa Lebak Harjo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang. 

21. Pantai Jembatan Panjang
Salah satu pantai terdekat di Malang dan bersebelahan dengan Pantai Balaikambang adalah Pantai Jembatan Panjang. Pantai ini memiliki sebuah jembatan yang sudah rusak. 

22. Pantai Clungup
Pantai Clungup berlokasi di Kawasan Clungup Mangrove Conservation. Pantai ini sangat bersih dan memiliki ombak yang relatif tenang. Pantai ini lumayan aman untuk dijadikan lokasi bermain air.

23. Pantai Gatra
Masih di wilayah ClungupMangroveConservation, terdapat sebuah pantai yang bersebalahan dengan Pantai Clungup, yaitu Pantai Gatra. Pantai ini memiliki nuansa yang nyaris sama dengan Pantai Clungup, bersih dan asri.

24. Pantai Sendiki
Pantai di Malang Sendikiberlokasi di Kecamatan Sumbermenjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan lembut. Suasananya tenang dan asri. Pantai ini hanya buka setiap hari Sabtu dan Minggu saja.

25. Pantai Watu Pecah
Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah. Dinamakan Pantai Watu Pecah karena terdapat bebatuan yang tersebar di sepanjang bibir pantai.  

26. Pantai Watu Bungkung
Pantai di Malang ini tergolong sebagai objek wisata yang baru. Pantai ini masih sangat asri karena belum banyak diketahui oleh publik. Pantai ini terletak di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Gajahrejo.

Bagaimana ulasan pantai-pantai di Malang yang sudah kami sajikan, semoga dapat membantu Anda menentukan destinasi wisata selanjutnya. Kunjungi terus web kami , dan temukan objek wisata Malang dan wisata alam Malang lainnya. Lihat pula, pantai di Malang dekat stasiun.

Baca juga seputar Taman di Surabaya yang Manarik untuk Dikunjungi








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel