36 Taman Di Surabaya Yang Menarik Untuk Di Kunjungi

Taman Di Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar nomor dua di Indonesia dan merupakan ibukota Jawa Timur. Kota ini mempunyai julukan kota pahlawan karena merupakan saksi perjuangan warga Indonesia dalam melawan penjajah Belanda. Ada banyak sekali tempat wisata Surabaya yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata sejarah sampai wisata alam. Surabaya juga mempunyai berbagai jenis taman kota yang menarik untuk dikunjungi, berikut ini kami sajikan beberapa daftar taman di Surabaya yang bisa menjadi destinasi berakhir pekanmu. 

1. Taman Bungkul

Taman Bungkul di Surabaya menjadi favorit sebagian masyarakat Surabaya. Taman ini senantiasa dikunjungi terutama pada malam hari. Taman Bungkul menyajikan konsep edukasi dan entertainment. Ada berbagai macam fasilitas yang tersedia di taman ini, diantaranya adalah tempat skateboard, bermain sepeda BMX, jogging track, open stage, dan juga akses wifi gratis. 

2. Taman Apsari (Taman Simpang atau Kroese Park)

Taman yang ada di Surabaya ini berlokasi tepat di depan Gedung Grahadi. Landmark yang menjadi ciri khas taman ini adalah adanya patung Suryo dan Joko Dolog yang berada di area seluas 5000 meter persegi lengkap dengan dekorasi bunga dan tanaman yang menarik. Di taman ini juga tersedia fasilitas jogging track yang bisa kamu gunakan untuk berolahraga pagi. Tempat ini juga dijadikan tempat berkumpul oleh banyak warga masyarakat Surabaya. 

3. Taman Dr. Soetomo (Taman Persahabatan)

Taman Dr Soetomo dikenal juga dengan nama taman persahabatan dan menjadi simbol pertemanan. Taman ini dibangun pada bulan Januari tahun 2010. Luas total taman Dr Soetomo kurang lebih 1.848 meter persegi yang dibangun dengan dana kurang lebih 544,5 juta. Desain sampai dengan pengerjannya dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan sehingga Pemerintah Kota Surabaya hanya menyediakan lahan dan melakukan perawatan. 

4. Taman Mayangkara

Taman taman di Surabaya berikutnya adalah taman Mayangkara yang merupakan sebuah simbol kegigihan masyarakat Surabaya dalam melawan penjajah Belanda. Sebagai bentuk penghormatan terhadap pimpinan Batalyon 503 Bhayangkara Mayor Djarot Soebyantoro, maka dibangunlah taman ini. Taman ini terletak di depan Rumah Sakit Islam yang lokasinya strategis sehingga dekat dikunjungi dari daerah manapun. Di taman ini terdapat patung Mayor Djarot Soebyantoro menaiki kuda putih Mayangkara. 

5. Taman Pelangi

Taman di Surabaya malam hari ini akan terlihat sangat cantik karena terdapat perpaduan lampu berwarna warni yang bisa memanjakan matamu. Letak taman pelangi ini tepat di depan kantor Bulog Surabaya, sehingga terkadang ada orang yang menyebut taman ini sebagai taman bulog. Taman ini berada di jalan utama penghubung kota Surabaya dengan wilayah luar kota, sehingga taman ini layaknya menyambut siapa saja yang berkunjung ke Surabaya. 

6. Taman Mundu

Taman baru di Surabaya ini berkonsep perpaduan antara gaya natural dan gaya modern. Taman ini berada di depan gedung Gelora 10 November Tambaksari. Taman Mundu mempunyai luas sekitar 4.800 meter persegi dan baru diresmikan pada tanggal 10 Juli 2010 beberapa tahun silam. Adapun fasilitas yang disediakan oleh pengelola taman ini diantaranya adalah kolam air, lampu hias, toilet, dan juga pohon mundu yang menjadi ciri khas taman ini. Di taman ini juga tersedia air kran siap minum yang difasilitasi oleh PDAM Surabaya. 

7. Taman Buah Undaan

Taman bermain anak di Surabaya ini terbilang cukup unik dikarenakan ada banyak jenis buah buahan berukuran besar yang tergeletak di segala penjuru taman. Buah tersebut memang hanya replika dan sengaja dibuat untuk menambah daya tarik para pengunjung yang datang ke taman. Taman ini bisa kamu kunjungi mengingat udara sekitarnya lumayan segar ditambah dengan pemandangan yang cantik. 

8. Taman Prestasi

Taman prestasi mungkin merupakan taman di Surabaya yang ada wifi. Kami belum bisa memastikan karena informasi yang didapat tentang taman ini cukup minim. Taman ini dinamakan taman prestasi karena selain dijadikan tempat untuk bermain dan refreshing, taman ini juga bisa dijadikan tempat belajar atau edukasi. Taman prestasi mempunyai luas sekitar 6000 meter persegi dengan letak yang strategis sehingga selalu ramai pengunjung. 

9. Taman Gantung

Taman gantung merupakan taman di Surabaya pagi hari yang bisa kamu kunjungi. Taman buatan Ibu Risma ini merupakan tempat wisata baru yang ada di Surabaya. Taman unik yang satu ini berlokasi di antara gedung gedung tua yang berada di Jalan Tunjungan Surabaya dan baru diresmikan sekitar 1 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2016. Taman ini akan semakin cantik bila dilihat pada malam hari karena banyak lampion hias yang indah dan digantungkan disekeliling kompleks taman. 

10. Taman Jayengrono (Willemsplein)

Taman di Surabaya Utara yang satu ini berlokasi di Jalan Taman Jayengronno, Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Surabaya. Taman Jayengrono memiliki luas sekitar 5.300 meter persegi dan dibangun dengan tujuan untuk mengingatkan warga masyarakat Surabaya dengan semangat arek arek Surabaya dalam melaksanakan pertempuran yang ada di kawasan jembatan merah dahulu kala. 

11. Taman Krembangan Timur

Taman yang berlokasi di depan gedung perkebunan Nasional XI ini mempunyai fasilitas unggulan berupa play ground. Sayangnya taman ini tidak mempunyai lampu penerangan yang cukup sehingga jika malam tiba taman ini menjadi gelap. Bahkan taman ini juga kurang terawat sehingga pengunjung kurang tertarik untuk bersantai di taman ini. 

12. Taman Kalongan

Daftar taman di Surabaya selanjutnya adalah Taman Kalongan yang berlokasi di Jalan Indrapura persis di depan gedung Keuangan Negara Indonesia. Taman ini diapit oleh dua jalan utama di Surabaya yaitu Jalan Indrapura dan Jalan Kalongan. Bentuk taman kalongan adalah persegi dengan memanjang dari selatan ke utara dimana ditengah tengah taman terdapat air mancur berbentuk mata.

13. Taman Barunawati

Taman ini terletak di daerah perak tepatnya di pertigaan antara Jalan Perak Barat, Jalan Laksda M Husin, dan Jalan Tanjung Priok. Dulu, taman ini sempat tidak terawat namun berkat usaha keras Ibu Risma, sekarang taman ini menjadi terawat lagi. Terdapat beberapa fasilitas berupa pos keamanan, tempat duduk, toilet, dan play ground di taman barunawati ini. 

14. Taman Tanjung Sadari

Taman hiburan di Surabaya berikutnya adalah taman tanjung sadari yang dibangun oleh PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Surabaya. Taman ini dibangun dengan tujuan mendukung program Green Port and Clean Sea yang ada di wilayah Pelindo III. Taman tanjung Sadari mempunyai fasilitas berupa toilet, wifi, dan juga arena bermain anak. Taman ini baru diresmikan pada 13 Maret 2015 lalu yang didatangi oleh ratusan pegawai Pelindo III.

15. Taman Petekan

Nama petekan diambil dari jembatan bersejarah yang ada di Surabaya, tepatnya di Jalan Jakarta. Jembatan bersejarah tersebut bahkan masuk dalan cagar budaya sehingga bergitu dihormati oleh warga masyarakat Surabaya. Fasilitas yang ada di taman ini diantaranya adalah play ground, jogging track, toilet, dan juga shelter. 

16. Taman Bulak Banteng

Taman yang dibangun pada tahun 2014 ini mempunyai fasilitas yang hampir mirip dengan taman kota lainnya. Ada play ground, jogging track, dan beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai. Untuk penamaan, tidak banyak orang yang tahu mengapa taman ini dinamakan taman bulak banteng. 

17. Taman Ronggolawe

Taman di Surabaya selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah taman ronggolawe. Nama taman ini diambil dari monumen di dalam taman yang dinamakan ronggolawe. Banyak masyarakat asli Surabaya yang sudah familiar dengan taman ini. Hal itu membuktikan bahwa taman ronggolawe merupakan salah satu tempat yang legendaris dan sudah cukup lama berdiri di Surabaya. Sekarang, taman ini dilengkapi dengan fasilitas berupa area bermain anak, area futsal, dan juga air kran siap minum. 

18. Taman Wira Surya Agung

Taman di Surabaya Selatan yang satu ini terletak di Jalan Raya Darmo atau tepi jembatan Wonokromo Surabaya. Taman ini bersebelahan tepat dengan monumen Wira Surya Agung. Fasilitas yang tersedia di taman ini diantaranya adalah area bermain anak dan jalur pijat refleksi yang berbentuk setengah lingkaran yang dilengkapi dengan pegangan tangan untuk memudahkan penggunanya. 

19. Taman Teratai

Taman wisata di Surabaya selanjutnya adalah taman teratai yang terletak tidak jauh dari taman mundu yang telah dibahas sebelumnya. Lokasi taman teratai berada persis di depan Sekolah Menengah Katolik Mater Amabili yang cukup terkenal. taman ini dinamakan taman teratai karena terdapat jogging track yang berbentuk mirip dengan daun teratai meliuk liuk. Ada juga fasilitas wahana bermain anak dan juga pohon angsana yang berjajar rapi. Taman ini cocok bagi kamu yang mencari ketenangan.

20. Taman Paliatif

Taman paliatif mempunyai makna taman yang meredakan rasa sakit. Taman ini berhubungan dengan program Pemkot Surabaya yang mengingkan Kota Surabaya terbebas dari rasa nyeri yang dihasilkan dari kanker. Taman ini mempunyai luas sekitar 1200 meter persegi dan diresmikan langsung oleh Ibu Risma pada Februari 2012. Taman ini memang didedikasikan untuk warga Surabaya yang menderita penyakit kanker stadiun tinggi. 

21. Taman Lansia

Taman bagus di Surabaya yang satu ini tidak hanya diperuntukkan bagi kaum lanjut usia saja, kamu yang masih muda juga bisa mengunjungi taman ini untuk bersantai atau berolahraga. Taman di area seluas 2000 meter persegi ini dikelilingi oleh tanaman perdu yang berbunga cantik dan berbau harum. Sungguh menambah suasana relaksasi jika sedang berada di taman lansia ini. 

22. Taman Sulawesi 

Taman seluas kurang lebih 2259 meter persegi ini mempunyai dua nama julukan, yaitu taman sulawesi atau taman persahabatan. Dinamakan taman sulawesi karena letaknya di Jalan Sulawesi, sedangkan dinamakan taman persahabatan karena di taman ini terdapat 6 jenis pohon yang melambangkan persahabatan. Pohon pohon persahabatan tersebut adalah pohon Saraka, pohon Saraka Spathodea, pohon sapu tangan, pohon mimbao, pohon jaka randa, dan pohon khaya. Di taman ini juga terdapat replika air terjun dan juga sungai. Taman ini cocok bagi anak anak yang suka bermain air. 

23. Taman Karimun Jawa

Seperti namanya, taman ini terletak di Jalan Karimun Jawa tidak jauh dengan taman keputran dan arena panjat dinding yang cukup populer di Surabaya. Taman ini tergolong sempit karena dibangun dibantaran sungai Kalimas. Taman ini mempunyai fasilitas arena bermain anak-anak. Salah satu kekurangan dari taman ini adalah kurangnya perawatan dari pihak yang berwenang, bahkan masih ada warga masyarakat yang nekat menjemur baju di pagar taman tersebut. 

24. Taman Surya

Taman kota di Surabaya berikut ini berada di halaman Balaikota yang meurpakan kantor Pemkot Surabyaa. Di taman ini kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam tanaman hias yang cantik dan menawan. Fasilitas yang tersedia tergolong minim meskipun setiap akhir pekan tiba taman ini selalu mendapat banyak sekali pengunjung yang ingin bersantai dan refreshing.

25. Taman Flora Bratang

Taman yang satu ini berlokasi di Jalan Manyar dan berjarak sekitar 200 meter dari terminal Bratang. Taman flora bratang baru diresmikan pada bulan Agustus tahun 2007 dengan luas sekitar 2,4 hektar. Di taman ini kamu bisa menemukan ratusan jenis pohon dan tanaman sehingga hawanya cukup sejuk. 

26. Taman Flora Wonorejo

Taman di Surabaya yang bagus berikutnya berlokasi di Jalan Kendal Sari Blok RK Nomor 70 Rungkut Surabaya. Taman ini menyaijkan pemandangan yang cukup indah serta dijadikan tempat pembibitan dan perawatan kebutuhan tanaman Kota Surabaya. Taman ini merupakan kepanjangan dari tugas Taman Flora Bratang. Taman ini terbagi menjadi dua, yaitu taman khusus untuk pembibitan dan taman untuk wisata. 

27. Taman Kunang Kunang

Taman terindah di Surabaya ini dinamakan taman kunang kunang karena di dalamnya terdapat banyak sekali miniatur hewan kunang kunang. Taman ini berlokasi di Jalan Penjaringan Sari diantara dua bangunan rumah susun dengan luas sekitar 400 meter persegi. Dekorasi yang ditawarkan juga cukup menarik sehingga taman ini bisa kamu kunjungi baik di siang maupun malam hari. 

28. Taman Harmoni Keputih (Taman Sakura)

Taman Harmoni Keputih dikenal juga sebagai taman sakura di Surabaya. Kamu tidak hanya akan menemukan bunga sakura saja di taman ini, namun juga ada bunga melati Jepang, pagoda putih, dan banyak jenis bunga mancanegara lainnya. Di taman ini hanya terdapat tanaman tanaman berbunga yang tidak menjulang tinggi, sehingga tempatnya menjadi kurang teduh. 

29. Taman Keputran

Selain taman bunga sakura di Surabaya, ada juga taman keputran yang berlokasi di Jalan Kayon, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya tepatnya di bantaran Sungai Kalimas. Salah satu hal unik dari taman ini adalah adanya lampu berbentuk tubuh manusia yang terletak di setiap sudut taman. Tidak jauh dari taman ini, ada panggung terbuka berbentuk melengkung yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang terbuka publik oleh masyarakat. 

30. Taman Ekspresi (Taman Kesenian)

Taman di Surabaya Barat yang satu ini mempunyai dua nama beken, yaitu taman ekspresi atau taman kesenian. Diresmikan pada tanggal 2 Mei tahun 2011, taman ini terletak di Jalan Genteng Kali, Surabaya. Interior taman ini sangatlah menarik dengan lampu taman yang banyak dan berbagai macam bentuk. Begitu juga dengan tempat duduknya. Sebagai taman ekspresi, di taman ini dibangun sebuah panggung terbuka berukuran kecil yang bisa dimanfatkan untuk menggelar pertunjukan seni.

31. Taman Mini Kombes Pol M. Duryat

Taman rekreasi di Surabaya berikutnya berlokasi di Jalan Kombes Pol M. Duryat dengan lahan yang terbatas. Fasilitas yang disediakan di taman ini cukup lengkap dan tidak kalah dengan taman kota di Surabaya lainnya. Beberapa fasilitas yang tersedia di taman ini diantaranya adalah kolam air mancur, play ground, jalur refleksi, dan juga tempat futsal. 

32. Taman Pakal

Selain taman harmoni keputih Surabaya, ada juga taman cantik lainnya yaitu taman Pakal yang berada di wlayah paling barat di kota Surabaya. Salah satu keunikan dari taman ini adalah lokasinya yang dekat dengan kolam pemancingan sehingga sangat cocok dijadikan tempat mengisi waktu luang bagi kamu yang suka memancing.

33. Taman Yos Sudarso

Taman di Surabaya pusat ini merupakan taman dan pedestrian yang sering dijadikan tempat berjalan kaki baik oleh warga lokal maupun para wisatawan mancanegara. Di area taman ini terdapat patung Panglima Sudirman yang fenomenal. 

34. Taman Cahaya di Pakal

Taman ini menggabungkan konsep antara tempat olahraga, refleksi dan rekreasi dan dibangun di depan kantor Kecamatan Pakal. Taman ini merupakan salah satu program Pemkot Surabaya untuk dapat mewujudkan kota Surabaya yang kaya akan taman kota yang bisa dijadikan tempat bersantai warga dan bisa menambah keindahan kota. 

35. Carnival Park Surabaya

Taman bermain di Surabaya ini seperti namanya, mempunyai berbagai macam fasilitas sekaligus wahana permainan yang menghibur layaknya sebuah karnaval. Carnival park senantiasa menjadi destinasi para warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Surabaya karena cukup menghibur dan menarik minat. Ada banyak sekali permainan yang bisa kamu coba dengan harga tiket masuk yang terjangkau. 

Cukup banyak kan taman di Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Tugasmu sekarang tinggal memilih taman mana yang menjadi favoritmu. Jangan lupa untuk selalu menjaga keindahan dan kelestarian taman dimanapun berada ya. Meskipun taman merupakan ruang publik, setidaknya kamu tetap harus menjaga kebersihan dan keindahan taman karena tugas tersebut tidak hanya dapat dilakukan oleh para pihak yang berwenang saja, melainkan sudah menjadi tugas kita bersama.

Baca juga seputar Makanan dan Oleh-oleh Khas Sukabumi.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel