Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Laptop Windows


Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Laptop Windows

Sejak adanya pandemi Virus Corona COVID-19, semua pekerja kantor maupun mahasiswa dan anak sekolah diterapkan untuk kerja dan belajar dari rumah (WFH). Untuk menunjang aktivitas belajar dan kerja dari rumah, kini ada aplikasi yang lagi booming, yaitu Aplikasi Zoom yang dapat digunakan untuk melakukan rapat online atau meeting virtual. Nah bagi yang belum tahu cara menggunakan aplikasi Zoom cloud meetings, sobat Bangjoehan bisa lihat ulasan berikut ini.

Penjelasan tentang aplikasi Zoom

Apa itu aplikasi Zoom? aplikasi Zoom ini adalah software (perangkat lunak) yang dapat digunakan untuk melakukan rapat virtual, belajar-mengajar online dengan menggunakan konsep berbagi layar (sharing screen). Aplikasi Zoom ini memungkinkan sampai 100 pengguna untuk bergabung secara bersamaan dalam satu pertemuan secara online/virtual.

Aplikasi zoom ada yang gratis ada juga yang berbayar. Nah untuk yang versi gratis bersifat limited yaitu maksimal 40 menit untuk sekali live atau rapat. Jika kamu tidak ingin ada batasan waktu (unlimited time), kamu bisa membeli Zoom versi Pro atau Zoom versi Business yang dibandrol dengan harga mulai dari US$14 perbulan. Atau setara dengan Rp 196.000 (asumsi 1$ USS =  Rp 14.000).

Fitur Aplikasi Zoom

  1. Schedule meeting. Fitur ini digunakan jika sobat ingin membuat jadwal rapat atau meeting, sehingga para peserta bisa bersiap siap dahulu.
  2. Join a meeting. Fitur ini digunakan jika sobat ingin mengajak meeting yang sudah dibuatkan jadwal sebelumnya.
  3. Host a meeting. Fitur ini digunakan untuk membuat meeting, misalnya jika sobat adalah manager diperusahaan tersebut.

Cara Download Aplikasi Zoom Cloud Meeting Di Laptop

Untuk mengunduhnya silahkan sobat klik tombol berikut ini.



* File akan terdownload secara otomatis dan tersimpan di folder Downloads pada laptop sobat.

Cara Download Aplikasi Zoom Cloud Meeting


Cara Instal Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Laptop
Pertama, klik 2x file installer “zoominstaller” yang sudah kamu download sebelumnya
Kemudian, Klik “RUN” dan tunggu sampai proses instalasi selesai seperti pada gambar berikut.


Cara Instal Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Laptop


Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Laptop

  1. Pastikan anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Zoom sesuai step diatas.
  2. Kemudian sobat buka situs resmi zoom di www.zoom.us, kemudian buat akun baru melalui tombol sign up. (gunakan email aktif sewaktu mendaftar).
  3. Cek email yang anda gunakan pada saat mendaftar. Ada email dari Zoom dan klik link untuk aktivasi akun.
  4. Jika ingin menggunakan Zoom, silahkan buka aplikasinya pada laptop sobat. Klik "Sign In". Pada menu Sign In, Silahkan Sobat input email dan pass yang sobat gunakan pada saat mendaftar.
  5. Jika ingin mengundang rapat. Sobat tinggal invite menggunakan alamat email mereka.
  6. Kemudian klik “Start Meeting Now” untuk memulai rapat.


Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Laptop


Sekian penjelasan singkat dari saya tentang aplikasi zoom. Aplikasi ini sering digunakan oleh menteri keuangan kita ibu Sri Mulyani ketika melakukan meeting dengan rekan kerja BUMN lainnya.

Meskipun diluaran sana terdapat banyak aplikasi meeteng virtual lainnya seperti aplikasi TEAMS dari Microsoft, namun kebanyakan orang sudah nyaman dengan Aplikasi Zoom ini.

Aplikasi Zoom Selain tersedia di laptop atau PC, juga bisa anda dapatkan versi android dan juga iOS. Untuk cara menggunakan aplikasi zoom cloud pada android maupun IOS akan BangJoehan bahas di artikel lainnya.

Sekian tulisan saya, semoga bermanfaat. Bagi sobat setia Bangjoehan, silahkan memberikan masukan atau kritikan pada kolom komentar. Atau jika sobat punya ide dan mau menyumbangkan tulisan di web ini, silahkan hubungi kami melalui menu kontak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel