Cara Tercepat Mengatur Kecerahan Layar Komputer dan Laptop Windows


Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Terkadang, ada sejumlah orang yang lebih suka dengan tingkat kecerahan layar pc atau laptop yang tidak terlalu terang. Namun ada pula sebagian orang yang justru merasa lebih enak ketika layar komputernya diseting agak redup. Tingkat kecerahan layar pada laptop dan komputer terkadang juga bisa tergantung pada kondisi ruangan, baik di luar maupun di dalam ruangan.

Lantas, seperti apakah cara terbaik mengatur kecerahan layar pada komputer dan laptop? Pada artikel kali ini, kami akan mengulas beberapa cara untuk mengatur tingkat kecerahan layar komputer dan laptop, baik melalui pengaturan biasa sesuai jenis windows yang diinstal, juga melalui tombol keyboard. Tenang saja, teknik yang kami berikan ini sangat mudah dan simpel, kok. Anda bisa baca terus di artikel Bangjoe ini sampai akhir, ya.

1. Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Dengan Keyboard

Cara paling mudah dan cepat yang bisa anda semua lakukan untuk mengatur kecerahan layar komputer sesuai dengan yang anda inginkan yaitu dengan kombinasi tombol keyboard. Cukup anda lakukan dengan menekan kombinasi 2 tombol saja, anda dapat langsung merasakan bertambah maupun berkurangnya pencahayaan di layar laptop yang anda pakai.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Dengan Keyboard

Secara umum untuk mengatur tingkat kecerahan layar pada komputer/PC desktop menggunakan keyboard, anda cukup menekan tombol Fn+F5 untuk meredupkan kecerahan layar. Kemudian, anda bisa memakai tombol Fn+F6 untuk meningkatkan kecerahan layar.
Namu ada juga beberapa PC Branded yang menggunakan tombol Fn+Panah Kiri untuk mengurangi kecerahan layar. Kemudian Fn+Panah Kanan untuk meningkatkan kecerahan pada layar monitor komputer tersebut.
Untuk mengenali tombol tombol dalam mengatur tingkat kecerahan layar komputer yaitu pada keyboard terdapat logo seperti matahari redup dan matahari cerah.  Yang  mana logo tersebut menandakan tombol tersebut bisa dipakai untuk mengatur kecerahan pada layar monitor.

2. Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Dengan Keyboard

Pada Laptop cara mengatur tingkat kecerahan layer hampir sama caranya dengan pada Komputer. Untuk Untuk mengatur tingkat kecerahan layar laptop dapat di lakukan melalui kombinasi beberapa tombol pada keyboard yaitu cukup dengan menekan tombol FN+F5. Dan jika ingin menggelapkan layar laptop anda cukup menekan tombol FN+F6. Biasanya tombol F5 dan F6 terdapat icon matahari atau bintang (*) yang berfungsi sebagai lambang untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa jenis laptop yang posisi tombol kecerahannya terdapat pada tombol Left Arrow dan Right Arow, jadi anda cukup melakukannya dengan menekan tombol FN+Left Arrow atau dengan FN+Right Arrow.

3. Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 7, Baik Laptop Maupun Komputer

Berdasarkan penagalaman Bangjoe, Cara mengatur tingkat kecerahan layar Komputer/laptop Windows 7 ini sangat gampang sekali, berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama Tekan tombol (Windows + R) pada keyboard
  2. Kemudian ketik  "Control panel" lalu klik OK
  3. Lalau pilih "Hardware and Sound"
  4. Dan pilih "Power Options", pada menu inilah anda tinggal mengatur tingkat kecerahan caha layar komputer/laptop anda dengan cara cukup menggeser kekiri atau ke kanan untuk mengurangi atau menambah tingkat kecerahan layar. Perhatikan gambar berikut ini:

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 7

4. Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 10
Untuk Mengatur Kecerahan Layar Komputer/Laptop Windows 10 yang sudah admin praktikan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama Klik Start.
  2. Lalu klik Settings. Atau dengan menekan tombol Windows + I pada keyboard untuk langsung membuka menu Settings.
  3. Kemudian Pada laman Settings, kamu pilih  menu System.
  4. Lalu klik Display.
  5. Kemudian pada "Brightness and color" terdapat pengaturan tingkat kecerahan layar. Untuk mengatur tingkat kecerahan sobat cukup menggeser slider kekiri atau kekanan.
Itulah cara mengatur kecerahan layar komputer Windows 10 yang sudah admin praktekan di PC admin. Catatan: disetiap versi Windows pasti akan ada perbedaan tampilan pengaturan brightness.
Perhatikan gambar berikut ini:


Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 10


5. Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 7 Ultimate

Teknik untuk mengatur tingkat kecerahan layar pada Windows 7 Ultimate, pada tulisan kali ini belum dapat kami jelaskan secara rinci. Dikarenakan kami masih mencari CD instalan windows 7 Ultimate agar kami bisa praktek secara langsung. Bagi sahabat setia pembaca blog ini, jika ada masukan mengenai windows 7 Ultimate  ini bisa menuliskan pada kolom komentar dibawah.

Baca juga Cara Memindah File dari HP ke Flashdisk Tanpa Ribet.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel