Daftar Makanan dan Oleh-oleh Khas Sukabumi

Makanan Khas Sukabumi

Menikmati sajian kuliner Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Negeri ini kaya akan makanan khas yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satunya adalah makanan khas Sukabumi. Sukabumi merupakan kota kecil yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Hawa yang sejuk menjadikan Sukabumi menjadi tempat wisata favorit masyarakat perkotaan yang ingin berekreasi. Berkunjung atau berlibur ke suatu tempat, rasanya tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh atau makanan khas dari daerah yang dikunjungi. Apabila anda akan berkunjung ke Sukabumi namun belum mengetahui  makanan khas atau oleh-oleh khas apa saja yang terkenal di Sukabumi. Berikut ini beberapa makanan dan oleh-oleh khas Sukabumi yang wajib anda coba.

1. Mochi Sukabumi

Diantara banyak mochi yang ada di Indonesia, mochi makanan khas Sukabumi adalah yang paling terkenal diantara mochi yang lain. Tidak salah jika Sukabumi dijuluki sebagai Kota Mochi. Hampir di seluruh penjuru Sukabumi kita dapat menemukan penjual Mochi. Salah satu penjual mochi yang terkenal adalah Mochi Lampion. Mochi Lampion merupakan pelopor mochi Sukabumi. Mochi di tempat ini menjadi favorit wisatawan karena  rasanya paling enak dan memiliki tekstur yang kenyal namu lembut. Walaupun harganya bisa dibilang sedikit lebih mahal dari penjual makanan khas Sukabumi mochi yang lain, namun hal tersebut tidak mengurungkan niat para pecinta kuliner untuk membeli mochi di mochi lampion ini.Mochi lampion ini terletak di Jl. Bhayangkata Gg. Kaswari II No. 19 kota Sukabumi. Apabila anda ingin membeli mochi lampion, anda harus datang langsung ke tempat ini karena mochi lampion tidak membuka cabang dimanapun.

2. Bandros

Bandros merupakan makanan khas Sukabumijawa Baratyang terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan mentega, telur, dan irisan kelapa. Irisan kelapa inilah yang menjadi khas dari bandros, karena ketika digigit akan terasa renyah. Di Sukabumi, ada satu penjual Bandros yang sangat terkenal dan melegenda, hampir setiap pecinta kuliner Sukabumi pasti telah mengetahunya. Namanya adalah “Bandros ATA”. Lokasi bandros ata ada di jalan gudang No. 04 kota Sukabumi. Berdasarkan informasi dari pemiliknya, makanan khas bandros ata ini sudah dari tahun 1945. Walaupun sudah sangat lama menjual dagangan bandros, mang Ata dan generasi penerusnya tetap mempertahankan keaslian konsep cara dagangannya. Yaitu menggelar dagangan di trotoar, tetap dengan resep aslinya, tetap dengan menawarkan minuman bandrek, kopi susu, teh manis dan air jeruk. Harga Bandros ATA sendiri cukup terjangakau, bisa dinikmati mulai harga Rp. 5.000,-. 

3. Roti Priangan

Terkadang wisatawan bingung untuk memilih oleh oleh dari Sukabumi. Banyak yang tidak mengetahui  makanan khas Sukabumi selain moci apa lagi. Nah, makanan yang satu ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk oleh oleh. Makanan khas Sukabumi ini adalah penganan yang sudah ada sejak puluhan tahun silam, bahkan sejak sebelum jaman kemerdekaan. Salah satu roti priangan yang paling terkenal di Sukabumi adalah Roti priangan OeyTjiang Lie. OeyTjiang Lie adalah nama pembuat roti priangan yang telah mulai berproduksi sejak tahun 1943. Bentuk tanduk yang unikmenjadi ciri khas Roti Priangan ini. Bentuknya yang seperti tanduk atau kaki kuda dengan isian mentega dan susu. Dengan berbagai macam pilihan rasa seperti coklat, dan keju. Meskipun asli Sukabumi, akanan ini kental dengan citarasa Belanda. Citarasa ini lah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk membelinya sebagai oleh oleh.

4. Bolu Pisang.

Kota Sukabumi merupakan kota penghasil pisang. Sehingga tentu saja ada makanan khas Sukabumi bahan dasar pisang. Bolu pisang adalah salah satunya. Bolu pisang yang cukup  terkenal di Sukabumi adalah milik Ibu Onih yang berjualan di Gang Masjid, Jalan Raya Sukaraja, Sukabumi. Ada berbagai macam varian bolu pisang antara lain bolu pisang keju, bolu pisang pandan, bolu pisang keju coklat, dan bolu pisang gulung.. Anda juga bisa menemukan bolu pisang original. Bentuknya bulat, polos, tanpa toping dan isian.Harga bolu pisang ini  cukup terjangkau hanya berkisar 12.000 hingga 33.000 ribu saja anda dapat membawa pulang bolu pisang untuk oleh oleh. 

5. Geco

Geco adalah singkatan dari TogeTauco. Makanan makanan enak khas Sukabumi ini bisa anda temukan di Jl. Jendral Sudirman yang berhadapan langsung dengan RS. Assyifa. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan. Walaupun tempat yang menjual geco ini berada di pinggir jalan, namun tidak  membuat para pembeli urung untuk menikmati kelezatannya. Harga geco ini juga cukup terjangkau, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 7.000,- untuk dapat menikmati makanan yang satu ini.


6. Nasi uduk ungu

Nasi uduk ungu merupakan salah satu makanan khas Sukabumi jabar yang cukup menjadi favorit. Jenis nasi uduk yang ada di Kota Sukabumi berbeda dari kebanyakan nasi uduk yang biasanya berwarna kuning atau putih. Nasi uduk Ungu berwarna ungu pekat yang berasal dari pewarna alami buah but dan ubi ungu., sehingga makanan ini sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja karena tak menggunakan pewarna buatan. Nasi uduk ungu ini biasa disajikan bersama lauk seperti ayam goreng, telur dadar ,tempe, tahu, lalapan dan sambal. Makanan khas Sukabumi ini dapat menjadi pilihan anda untuk mengganjal perut, karena cukup mengenyangkan.

7. Bubur ayam Sukabumi

Ini dia makanan khas dari Sukabumi yang menjadi andalan para wisatawan untuk dijadikan menu sarapan. Bubur ayam Sukabumi ini disajikan dengan kombinasi kaldu ayam dan jeroan ayam seperti jantung, ampela dan hati ayam yang dimasak dengan cara ditumis. Perpaduan dari gurihnya kaldu dan ayam membuat kelezatan makanan ini tak tertandingi. Salah satu penjual bubur ayam Sukabumi yang terkenal adalah bubur ayam bunut.  Bubur yang satu ini memang cukup terkenal di Sukabumi, berlokasi di depan Lapangan Merdeka Sukabumi, letaknya yang stategis membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi para pembeli. bubur ayam bunut  buka dari jam 06.00 pagi hingga sore hari. Harganya pun cukup terjangkau hanya berkisar  10.000 rupiah saja. 

8. Surabi Durian Sukabumi

Mendengar namanya saja sudah bisa membuat pecinta durian menelan ludah. Surabi durian menjadi salah satu makanan khas kab Sukabumi yang paling favorit. Salah satu kedai yang menjual serabi durian atau duren ini adalah Kedai Surabi Duren dan Seafood namanya. Kedai ini berada di kawasan Jalan Gunungparang, Cikole, Kota Sukabumi. Di kedai surabi ini, anda akan dimanjakan dengan sensasi buah durian yang kental. Rasanya yang sangat manis dan legit berpadu dengan aroma durian yang begitu harum dan menggoda karena dimasak diatas arang. Tak heran jika pengunjung selalu mengantre untuk dapat menikmati makanan ringan khas Sukabumiyang satu ini. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena cukup dengan 10.000 rupiah saja anda dapat menyantap hidangan lezat yang satu ini.

Makanan khas Sukabumi memang selalu dapat memanjakan lidah para pecinta kuliner. Selain dari Sukabumi, anda wajib mencicipi kuliner nusantara yang lain seperti makanan khas melayu yang kental dengan rasa gurih santannya. Ada juga makanan khas pekanbaru yang tidak kalah nikmatnya, seperti ikan salai, roti jala, mie sagu, dan lain sebagainya. Di Jawa Timur anda juga wajib mencicipi makanan khas madiun yang dikenal dengan pecel madiun nya. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas nusantara apabila anda berkesempatan berkunjung ke suatu daerah.

Baca juga: Seputar Keindahan Pantai Sarangan di Gunung Kidul

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel