Review Destinasi Wisata Paralayang Batu di Malang

Destinasi Wisata Paralayang Batu di Malang

Mendengar nama kota Malang, kebanyakan orang secara otomatis akan langsung mengingat betapa enaknya menikmati baso malang yang tiada duanya. Kota ini memang selalu menjadi pilihan berwisata dikala libur panjang tiba, bukan hanya karena kulinernya yang menggoda lidah, tetapi juga pesona alamnya yang tiada habisnya untuk dikunjungi. Dari obyek wisata pantai, gunung, air terjun, situs-situs kerajaan, bangunan kuno semua lengkap di Kota Malang. Tak hanya berhenti disitu, Malang juga memiliki wisata alam yang dapat menguji adrenalin wisatawan. Bukan lagi hiking atau climbing, tetapi flying., menjadi satu dengan alam akan anda rasakan bila berkunjung ke Paralayang Malang. Berikut ulasan mengenai tempat wisata yang satu ini.

Akses Paralayang Batu

Menjadi wisatawan dari luar daerah malang, sangat wajar rasanya bila bertanya dimana lokasi paralayang ini. Berada di Kota Batu, yang merupakan salah satu kabupaten di Malang, kota ini terletak di daratan tinggi, dengan ketinggian 700 sampai 1200 mpdl, dan berjarak sejauh 15 kilometer dari pusat kota malang. Paralayang sebenarnya memiliki arti gunung banyak, dari lokasi ini pengunjung akan disajikan panorama kota dari ketinggian sekitar kurang lebih 1315 mdpl dan suhu ekitar 14-19 celcius, tergantung cuaca dan kondisi sekitar. Pada awal tahun 2000, tempat wisata ini belum banyak dikenal orang banyak, pengunjungnya pun bisa dihitung dengan hitungan jari. Tetapi mulai tahun 2002 keatas, Paralayang Batu mulai terkenal dan ramai-ramai dikunjungi bahkan dimintai para expratiat yang ada di Malang dan sekitarnya.

Berlokasi di kecamatan Pujon, daerah ini tidak begitu sulit dijangkau. Terdapat banyak alternatif dan petunjuk jalan untuk sampai ke paralayang batu. hanya perlu mengikuti petunjuk arah yang nantinya anda akan sampai di kaki bukit. Terdapat dua jalur yang dapat anda pilih bila anda telah sampai di Pujon, tentunya pilihlah jalan yang menanjak keatas. Perlu untuk berhati-hati karena akses jalan ini sudah rusak, dimana beton dan batu mulai hancur dan tanah yang tidak rata. Sebelum sampai di pintu masuk yang utama, anda akan dikenakan biaya Rp 10.000 di loket tamu.
            
Jalur paralayang batu lainnya juga dapat melewati desa Songgokerto di Kecamatan Pujon, mengambil arah ke Songgoriti, anda akan melewati kawasan vila. Ikuti terus jalan hingga sampai ke jalan tanjakan, sampailah anda pada kaki gunung banyak. Lanjut terus menyusuiri jalan tanjakan, dan rute yang sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sesampainya di area parkir, untuk satu kendaraan, motor,  dikenakan biaya Rp 5000.

Fasilitas Paralayang Batu

Tips bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini, adalah memperkirakan cuaca terlebih dahulu. Agar tidak rugi sesampainya diatas, pilihan musim kemarau menjadi waktu yang terbaik untuk dapat terbang menggunakan balon udara. Pilihan hari juga dapat menentukan kesempatan anda untuk terbang, biasanya di Paralayang Batu, setiap akhir pekan atau hari libur nasional maupun sekolah, komunitas paralayang berkumpul dan terbang bersama-sama.

Sesuai dengan namanya, primadona yang menjadi fasilitas utama tentunya si Balon udara. Dengan pilihan paket terbang, anda dapat memilih sesuai dengan kantong dan nyali anda. Beroperasi mulai pukul 07.00 dan tutup 16.00, pengunjung dapat memilih tiga paket yang disediakan. Paket A atau Basic Tanden Filght Service dibandrol dengan harga Rp 350.000 yang meliputi delapan softcopy photos mulai dari prepare sampai take off, tanden dan meeting point di take off area. Medium Tanden Filght Service atau Paket B dengan fasilitas pick up dari basecamp, tanden, welcoming drink and snack, delapan softcopy photos, dan tentunya jasa antar menuju meeting point. Paket B dapat anda nikmati dengan membayar seharga Rp 400.000. terdapat juga fasilitas yang disediakan mulai dari Kota Batu, dimulai dari penjemputan di basecamp area Batu, welcoming drink and snack, tanden, sticker paraliding, pin paraliding, postcard paraliding dan jasa antar menuju meeting point. Failitas ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 450.000 – Paket C atau Advaced Tanden Filght Service. Tak lupa dalam paket C anda akan mendapatkan dua belas softcopy foto yang telah termasuk didalamnya preparing, take off dan airborne. Sedang paket D dibandrol dengan harga Rp 500.00, meliputi fasilitas yang sama dengan paket C ditambah T-shirt paragliding.
           
Selain fasilitas yang dapat memberikan pengalaman baru, tentunya terbang melihat hamparan kota Batu dari atas, sensasi sejuknya angin pegunungan di siang hari, dan pastinya ras was-was yang tidak bisa terelakan. Paralayang ini juga menyediakan paket Night Safari. Angin malam yang bertiup kencang, penerangan yang tidak seterang di siang hari, dan pemandangan kota Batu dengan lampu-lampu yang terhampar luas dapat anda rasakan hanya di Paralayang Malang. Paket night safari dibanrol dengan harga Rp 600.000, didalam termasuk titik penjemputan di Batu, sticker, pin dan T-shirt Paragliding, Susu segar panas yang disajikan bersama jagung bakar, penjemputan menuju meeting point, dan fasilitas spesial yang membedakan adalah video prepare serta tandem under the moon.
            
Ketentuan lain untuk bisa terbang dengan balon udara adalah berat badan pengunjung antara 20-85 kilogram, bersama pilot yang telah terlatih, pengalaman terbang anda dijamin aman dengan kecepatan maksimal 20 km/jam atau sekitar sepuluh menit melayang-layang diudara dan telah termasuk asuransi, sertifikat dan flight suit. Sebelum dihubungkan dengan parasut yang memiliki panjang sekitar sepuluh meter, perlengkapan yang digunakan disini tergolong aman. Helm, harness atau semacam kursi yang diduduki ketika terbang, variometer, GPS, Radio dan Windmeter siap tersedia disini. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk kelengkapan dan keselamatan. Pastikan anda reservasi sehari sebelumnya dengan pilot yang selalu siap sedia untuk mendapatkan waktu yang pas. Karena tidak semua pengunjung berani untuk mencoba terbang, maka fasilitas lain di Paralayang ini berupa wahana Flying Fox, cukup membayar Rp 15.000, pengunjung setidaknya merasakan terbang seperti paralayang.
            
Panorama paralayang batu malam hari lainnya dapat juga anda nikmati dari rumah pohon. Untuk naik di rumah pohon yang berukuran 2x3 meter, dan tinggi mencapai 10 meter ini anda hanya cukup membayar Rp 5000 saja. Sama halnya Paralayang, rumah pohon juga buka mulai pagi hingga sore. Selain itu bagi kamu yang ingin merasakan suasana tenang (private time), dan dinginnya Kota Batu di malam hari, rumah pohon menyewakan kamar yang dibandrol seharga Rp 350.000 untuk hari biasa dan Rp 450.000 untuk akhir pekan atau musim libur. Bermalam di rumah pohon, hanya dapat menampung tiga orang. Cara lain menikmati bermalam di Paralayang Batu juga bisa dilakukan dengan camping. Tempat wisata ini juga menyediaka tempat bagi rombongan yang ingin menginap dengan tenda-tenda dan perapian layaknya camping. Kendaraan bisa juga diinapkan dengan biaya parkir Rp 5000, sewa tempat di Paralayang dibandrol seharga Rp 150.000. Spesial panormana yang hanya bisa disaksikan oleh pengunjung yang bermalam atau camping adalag sunrise yang luar biasanya indahnya. Semburat warna orange akan berkolaborasi dengan lampu-lampu kota yang mulai meredup bisa anda nikmati mulai jam 04.45 WIB.
           
Itulah ulasan wisata alam yang bisa anda nikmati dengan berkunjung di Paralayang Malang. Pastikan menggunakan pakaian hangat bila perkunjung ke tempat wisata ini. selamat berlibur.

Baca juga informasi seputar Pesona Pantai Wedi Putih Malang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel