Rekomendasi Pantai di Jawa Timur, Pantai Wedi Putih Malang

Pantai Wedi Putih Malang

Belum lama ini masyarakat Malang Selatan menemukan destinasi wisata baru di Malang Selatan yaitu Pantai Wedi Putih. Letaknya yang tersembunyi membuat banyak wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Pantai ini merupakan pantai tersembunyi yang menyimpan keindahan alam dan keelokan lautan yang sangat menakjubkan. Pantai ini seakan menjadi surga bagi para petualang yang menyukai tantangan, juga bagi para penyelam yang ingin menikmati pesona bawah laut dari pantai ini.

Lokasi Pantai Wedi Putih Malang

Pantai Wedi Putih terletak di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 75 kilo meter dari pusat kota Malang, atau selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Rute Pantai Wedi Putih Malang

Apabila ingin berkunjung ke Pantai Wedi Putih, anda dapat melalui rute dari kota Malang menuju ke  arah kecamatan bululawang. Dari kecamatan bululawang anda dapat melanjutkan sampai ke kecamatan turen kemudian terus menuju kecamatan dampit. Dari sini perjalanan anda masih cukup jauh, anda harus melanjutkan perjalanan sampai ke Tirtoyudo kemudian masuk ke arah Pujiharjo. Dalam perjalanan dari Dampit ke Tirtoyudo ini anda harus ekstra hati hati karena medannya adalah berupa jalanan yang berkelok naik turun, semakin mendekati Pujiharjo, jalanan pun semakin sempit. 
Ketika  akan memasuki kawasan pantai, medannya bukan lagi jalanan beraspal melainkan jalanan berbatu juga cor yang cukup curam. Karena Pantai Wedi Putih merupakan satu kawasan dengan pantai Wedi  Awu,  jangan heran jika ketika sampai, yang anda temukan bukan Pantai Wedi Putih melainkan adalah pantai Wedi Awu. Untuk menuju ke Pantai Wedi Putih, anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi roda dua saja. Namun jika anda ingin menggunakan kendaraan umum,  kendaraan umum hanya dapat menempuh sampai ke tirtoyudo saja. Rute untuk kendaraan umum adalah dari stasiun kota baru anda dapat naik angkot AMG menuju ke terminal gadang. Dari terminal gadang dapat anda lanjutkan menggunakan bis putra mulya ke arah lumajang kemudian berhenti di tirtoyudo. Dari tirtoyudo ini anda dapat melanjutkan menggunakan ojek. 

Daya tarik Pantai Wedi Putih

Pantai Wedi Putih dapat dijangkau dengan menaiki perahu dari Pantai Wedi Awu yang menjadi tempat pemberangkatan perahu. Namun jika anda adalah petualang sejati, maka pilihan untuk berjalan kaki dapat menjadi tantangan untuk anda coba. Dalam perjalanan menuju ke lokasi, anda akan dimanjakan dengan keelokan alam pesisir yang bersanding dengan suara deburan ombak yang senantiasa menemani perjalanan anda sampai ke Pantai Wedi Putih. 
Kondisi Pantai Wedi Putih dampit Malang ini masih sangat alami. Lingkungan sekitarnya pun  masih hijau dipenuhi rerimbunan pohon. Sesekali anda akan menemukan sampah alami seperti ranting kayu dan pecahan batu, hal ini menunjukan bahwa pantai ini memang masih natural belum banyak dikunjungi wisatawan. Pantai Wedi Putih memiliki tekstur pasir yang halus dan lembut dengan beberapa butiran batu ciri khas pantai pasir putih pada umunya. Panjang Pantai Wedi Putih kurang lebih 50 samapi 100 meter.

Pantai yang baru beberapa waktu yang lalu ditemukan ini, belum banyak dikunjungi wisatawan karena letaknya yang cukup tersembunyi dan sulit dicapai. Meskipun sulit dicapai hal ini tak membuat para wisatawan yang berjiwa petualang mengurungkan niat untuk mengunjungi Pantai ini, namun malah membuat mereka semakin tertantang. Daya tarik utama dari pantai ini adalah air laut  yang dimiliki Pantai Wedi Putih sangat jernih sehingga anda akan disuguhkan pemandangan bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Inilah yang membuat pantai ini cukup populer di kalangan para divers atau penyelam. Karena tidak usah sampai menyelam, cukup dengan snorkling di permukaan saja, ikan ikan laut akan menyapa kita. Jika beruntung, anda akan menemui barisan ikan badut atau yang dikenal dengan ikan nemo, juga kumpulan kuda laut. lokasi pantai yang berada di sebuah teluk menciptakan perairan yang nyaman dan tenang untuk snorkling. Apabila anda ingin melakukan snorkling di Pantai Wedi Putih ini sebaiknya anda membawa peralatan snorkling sendiri, karena di kawasan pantai ini belum ada yang menyediakan peralatan untuk snorkling.
Apabila anda tidak ingin melakukan snorkling, anda dapat menikmati keindahan pantai sembari merasakan semilir angin yang menenangkan. Atau bagi anda yang menyukai dunia fotografi, anda akan enggan beranjak meninggalkan tempat ini karena semua sudut pantai ini sangat picturesque untuk diabadikan dalam foto. Gambar Pantai Wedi Putih Malang akan dengan mudah anda temukan di Internet, di unggah oleh para wisatawan yang terpesona akan keelokannya.

Selain itu di kawasan Pantai Wedi Putih ini terdapat air terjun yang cukup eksotis. Untuk menikmati keindahan air terjun tersebut, anda harus menaklukan medan yang berat dengan melewati tebing dan semak. Air terjun ini dinamakan air terjun Pakisan. Pada dasarnya air terjun ini berada di Pantai Pakisan yang hanya terpaut beberapa meter saja dari Pantai Wedi Putih. Apabila ingin menuju ke air terjun ini, sebaiknya anda didampingi oleh Guide atau kawan yang sudah familiar dengan Pantai Pakisan, Pantai Wedi Putih, juga Pantai Wedi Awu.

Tarif dan tiket Pantai Wedi Putih

Untuk dapat memasuki kawasan Pantai Wedi Putih ini, anda harus membayar retribusi sebesar Rp.5000,- per orang.  Apabila anda membawa kendaraan pribadi, anda juga harus membayar retribusi parkir sebesar Rp. 5000 ,-. Kemudian apabila anda enggan untuk berjalan kaki mendaki bukit atau kondisi fisik anda sedang tidak terlalu prima untuk berjalan jauh, anda dapat menyewa perahu untuk menuju Pantai Wedi Putih dari Pantai Wedi Awu. Untuk menyewa perahu, anda harus merogoh kocek sebesar Rp.40.000,-.

Tips berkunjung ke Pantai Wedi Putih


  1. Tempat peristirahatan dan juga toilet hanya terdapat di Pantai Wedi Awu,  Jadi bagi anda yang akan melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Wedi Putih sebaiknya anda membawa makanan dan minuman ringan sendiri, agar tidak kelaparan dan dehidrasi dalam perjalanan.
  2. Jika anda membawa minuman botol dan makanan, diharapkan anda membawa kembali sampah bungkusmakanan dan botol sisa minuman, agar tidak mengotori keindahan alam di Pantai Wedi Putih. Warga Malang Selatan menemukan tempat wisata baru di Malang Selatan dengan nama Pantai Wedi Putih, pantai ini membuat para wisatawan semakin tertarik untuk di kunjungi, Pantai Wedi Putih merupakan pantai tersembunyi yang memiliki keindahan alam dan laut yang sangat luar biasa indah, dan membuat wisatawan semakin ingin tahu keindahan yang ada di Pantai Wedi Putih,  pantai ini seakan menjadi surga para petualang dari berbagai daerah.
  3. Disarankan anda untuk mengendarai kendaraan roda dua saja karena jalan menuju Pantai Wedi Putih Malang selatan ini sangat curam dan penuh bebatuan terjal juga jalannya semakin menyempit.
Itu tadi ulasan sekilas mengenai Pantai Wedi Putih. Apabila anda berkesempatan berkunjung ke Pantai Wedi Putih ini, jangan lupa untuk mengunjungi juga Teluk Ngasem dan juga goa lowo, karena ketiga destinasi ini bisa dikatakan sudah sepaket untuk anda nikmati keindahan dan keunikan alamnya. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai objek wisata menarik lainnya, anda bisa mengunjungi artikel kami lainnya.

Baca juga artikel seputar Tempat Wisata Terbaru di Magetan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel