Review Tempat Wisata Terbaru di Kota Magetan Yang Wajib Kamu Kunjungi



Di sebelah barat Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, terdapat sebuah Kabupaten yaitu Magetan. Selain itu, Kabupaten  Magetan juga berbatasan dengan Kabupaten Ngawi di sebelah utara, Kabupaten Madiun di Timur, serta Kabupaten Ponorogo di sebelah selatan. Sebagai kabupaten yang tidak memiliki garis pantai, wilayah Magetan didominasi oleh daerah pegunungan, khususnya di bagian selatan. Hal tersebut menciptakan beberapa keistimewaan alam yang patut untuk kalian kunjungi. Selain itu, Magetan juga memiliki alternatif tempat wisata lain selain daerah pegunungan, apa saja ya? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tempat wisata di Magetan, yang tentu saja dapat membantu Anda menentukan destinasi wisata berikutnya mari kita simak. 

1. Telaga Sarangan Magetan
Telaga Sarangan Magetan berada di Kaki Gunung Lawu, sekitar 16 Km dari pusat Kota Magetan, dan cukup dekat dengan wilayah Madiun. Di objek wisata Magetanini wisatawan dapat menaiki speed boat untuk berkeliling menyusuri luasnya Telaga Sarangan. Selian itu, kalian juga dapat duduk-duduk manis sembari menikmati udara yang segar dari bibir telaga. Apabila kalian lapar, objek wisata ini juga memiliki warung-warung yang menawarkan beberapa olahan makanan. Selain itu, wisata Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur ini juga dilengkapi oleh spot foto romantis, mulai dari papan kayu bertuliskan kata-kata cinta, hingga dekorasi romantis yang akan membuat harimu semakin menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lokasi wisata ini ya. 

2. Kampung Pinus Sarangan
Salah satu wisata Magetan baruyang layak kalian kunjungi adalah Kampung Pinus Sarangan. Wisata ini berlokasi di Jl. Ngroto Sarangan, Sarangan, Kecamatan Plaosan. Lokasi ini menawarkan berbagai keseruan permainan outbond, di antaranya paintball, flyingfox, downhill, dan menyusuri hutan pinus menggunakan ATV. Kampung Pinus Sarangan memiliki udara yang sejuk dan segar, khas daerah pegunungan.Wisata Sarangan Magetan Jawa Timurini cocok dikunjungi oleh kalian dan keluarga.

3. Taman Wisata Geni Langit
Taman wisata Magetan terbaruini menawarkan keindahan panorama alam yang mengagumkan. Pepohonan hijau terhampar luas, udaranya segar, serta memiliki fasilitas spot foto yang hits, di antaranya adalah ayunan, miniatur kapal, dan beberapa dekorasi foto yang indah. Selain itu, kalian juga dapat menikmati sensasi mengendarai kuda sembari menjelajahi Wisata Geni Langit. Lokasi wisata Magetan Poncol ini tepatnya berada di Ds. Geni Langit, Kecamatan Poncol, Magetan. 

4. High Land Puntok Geneng
Wisata Magetan Geneng ini berlokasi di Ds. Gonggang, Poncol, Magetan, atau 40 km dari pusat Kota Magetan. Objek wisata yang baru diresmikan pada bulan April 2017 ini menawarkan sensasi pemandangan alam dari ketinggian. Sama seperti objek wisata yang lain, di sini kalian juga dapat berfoto di atas papan kayu yang disediakan oleh pengelola. Wisata Magetan Puntok Geneng ini cukup terkenal di kalangan anak muda Magetan.

5. Taman Bedengan Magetan
Taman Bedengan memiliki pemandangan yang indah. Suasananya masih alami, asri, dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Di lokasi ini, wisatawan dapat menikmati fasilitas rumah pohon atau bersantai di hammock yang disediakan oleh pengelola. Wisata terbaru Magetanini berlokasi di Ds. Geni Langit, Kecamatan Poncol, Magetan.

6. Wisata Wonomulyo
Satu lagi wisata yang sedang ramai di posting di medi sosial, yaitu objek wisata Wonomulyo. Sama seperti objek wisata yang kita bahas sebelumnya, Wisata Wonomulyo juga dilengkapi oleh rumah pohon yang indah. Selain itu, kalian juga dapat berfoto di rumah “hobbit”, menarik bukan?. Wisata ini berlokasi di Dusun Wonomulyo, Ds. Geni Langit, Kecamatan Poncol, Magetan. 

7. Wisata Ujung Kulon
Wisata Magetan Ujung Kulon merupakan sebuah lokasi yang didekorasi oleh pemuda Janggan menjadi sebuah wisata berfoto yang romantis. Wisata ini menawarkan panorama alam dari ketinggian yang sangat indah. Terlebih lagi, disediakan beberapa spot foto romantis yang sangat cocok dikunjungi oleh kalian dan pasangan. Tempat wisata di Magetan Ujung Kulon ini berlokasi di Ds. Janggan, Kecamatan Poncol, Magetan.

8. MojosemiForest Park (MFP)
Taman wisata MojosemiForest Park ini mengusung konsep ekowisata, dan hanya terletak 2 km dari Telaga Sarangan. Wisata Magetan Mojosemi ini menawarkan panorama Hutan Mojosemi yang memiliki pepohonan besar berusia ratusan tahun. Wana wisata ini juga dilengkapi oleh berbagai permainan khas petualangan, mulai dari menyusuri hutan menggunakan ATV, camping, hingga spot foto yang artistik. Wisata Magetan Jawa Timur ini cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki jiwa survivor.

9. Telaga Wahyu Magetan
Apabila Anda berkunjung ke Madiun, tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata alam yang satu ini, yaitu Telaga Wahyu, atau sering juga disebut dengan nama Telaga Wurung. Wisata Magetan dan sekitarnya ini menawarkan pemandangan alam yang indah, serta disediakan berbagai fasilitas pendukung, seperti spot memancing; bumi perkemahan; bebek air; gazebo; hingga spot foto romantis. Selain itu, danau ini juga menyediakan warung-warung makan yang akan membuat Anda betah berlama-lama di lokasi ini. Danau yang terletak di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Magetan ini  sangat cocok dikunjungi kalian dan keluarga.

10. Air Terjun Tirtasari Magetan
Air Terjun Tirtasari berlokasi di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan. Air terjun ini memiliki air yang dingin dan jernih. Selain itu, udara di lokasi wisata alam Magetan ini juga cukup segar, dan nuansa alam yang ditawarkan cukup alami. Tiket masuk lokasi ini cukup murah, yaitu Rp. 7.000 rupiah saja. Untuk menuju ke lokasi air terjun, wisatawan dapat berjalan kaki atau menyewa ojek yang banyak menawarkan jasanya di sepanjang perjalanan Anda.. Objek wisata Kabupaten Magetan ini memiliki ketinggian aliran air sekitar 50 meter, dancukup populer di kalangan masyarakat Magetan.

11. Air Terjun Pundak Kiwo Magetan
Air Terjun Pundak Kiwo berlokasi di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan. Air terjun ini memiliki ketinggian aliran air sekitar 45 meter, dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang. Untuk menuju ke lokasi ini, para wisatawan harus berjalan kaki sembari menikmati indahnya tempat ini. Wisata alam Magetan ini cocok bagi kalian yang memiliki jiwa petualang.

12. Pemandian Dewi Sri
Dalam kepercayaan Jawa, Dewi Sri merupakan Dewi Kesuburan tanah Jawa, khususnya bagi tanaman padi. Dalam hal ini, terdapat sebuah tempat wisata di Magetan yang dipercaya sebagai pemandian Dewi Sri, dengan nama Candi Simbatan. Pemandian kuno ini memiliki luas 18 m², dan dilengkapi oleh beberapa artefak, di antaranya tujuh buah sandung (miniatur rumah); sebuah palung batu; tujuh buah arca; sumur kuno; sebuah yoni; sebuah kemuncak; dan empat buah lumbung. Selain belajar mengenai benda-benda arkeologi, kalian juga sekaligus dapat berwisata sembari menikmati libur di akhir pekan. Objek wisata di Magetan ini berlokasi di Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan.


13. Candi Sadon Magetan
Candi Sadon di Dusun Cepoko, Kecamatan Penekan, Magetan. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Airlangga di Jawa Timur. Selain itu, candi ini juga dikenal dengan nama Candi Reog karena memiliki arca Kalamakara, yaitu arca yang menyerupai wajah harimau di topeng Dhadhakmerak, khas reog. Di sebelah timur candi, wisatawan juga dapat mengunjungi candi yang berukuran kecil, bernama Candi Reca Sapi, yang baru ditemukan pada tahun 1971.Objek wisata di Magetan Jatim ini tergolong wisata dengan biaya murah dan mudah diakses.

14. Punden Clelek dan Sumber Clelek
Selain situs bersejarah dibagian sebelumnya, kami akan membahas satu lagi situs bersejarah di Magetan, yaitu Punden Clelek dan Sumber Clelek. Situs Punden Clelekmemiliki tiga buah arca dan miniatur rumah, sedangkan telaga kecil yang tidak jauh dari lokasi Punden Clelek bernama Telaga Clelek. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini dapat menikmati pemandangan indah sekaligus belajar sejarah. Wisata daerah Magetan ini juga cocok dijadikan lokasi liburan bersama pasangan. Objek wisata di Magetan Jatim ini berlokasi di Ds. Driyorejo, Kecamatan Nguntoronadi.

15. Waduk Gonggang
Waduk Gonggang berlokasi di Dusun Ledok, Desa Janggan, KecamatanPoncol, Magetan. Waduk ini berfungsi sebagai pengontrol aliran air, sekaligus sumber irigasi penduduk sekitar. Waduk yang menghabiskan anggaran lebih dari 10 triliun rupiah ini menjadi salah satu lokasi favorit bagi pemancing. Selain itu, lokasi ini juga cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan, karena menawarkan pemandangan alam yang indah.

16. Kolam Renang Banyu Biru Magetan
Kolam Renang ini berlokasi di Jl. Raya Magetan – Maospati, No. 5 Tinap, Sukomoro, Magetan. Tiket masuk lokasi ini cukup murah, yaitu 5.000 rupiah, dan buka setiap hari dari pukul 06.00 – 17.00. Selain memiliki fasilitas kolam renang, lokasi wisata ini juga didukung oleh wahana bermain anak, teater pemutaran film, hingga kebun binatang mini. Pada akhir pekan,wisata banyu biru Magetancukup ramai dikunjungi oleh wisatawan.

17. Cemoro Sewu Magetan
Objek wisata Cemoro Sewu merupakan salah satu agrowisata yang menawarkan pengalaman memetik buah stroberi langsung dari kebunnya, dengan biaya yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 5.000 – 25.000 rupiah saja. Selain merasakan wisata kuliner di Magetan, wisatawan juga dapat merasakan sejuknya cuaca di pegunungan, sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Lokasi wisata ini terletak di Ds. Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan.

18. Taman Ria Maospati Magetan
Objek wisata di Magetan Jawa Timur ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Magetan, karena sering kali dijadikan sebagai lokasi konser artis-artis ternama. Tempat yang kami maksud ini bernama Taman Ria Maospati, yang berlokasi di Desa Pandean, Kecamatan Maospati, Magetan. Selain hal tersebut, taman ini juga terkenal memiliki udara yang sejuk, yang dilengkapi beberapa wahana permainan anak, sehingga sangat cocok dikunjungi kalian dan keluarga.

19. Bumi Perkemahan Mojosemi
Bumi Perkemahan Mojosemi ini hanya berjarak 2 km dari  Telaga Sarangan, atau berlokasi di kawasan Perhutani Lawu Selatan. Tempat wisati Magetan dan sekitarnya ini menawarkan keseruan liburan alam bersama keluarga. Selain dapat mengadakan acara camping, kalian juga dapat mengikuti outbond yang disediakan pengelola. Beberapa wahana yang menjadi favorit para wisatawan adalah flyingfox dan jaring spiderman. 

20. Jalan Tembus Sarangan
Lokasi yang menghubungkan Karanganyar dan Magetan ini sering digunakan sebagai tempat beristirahat bagi para pengendara. Lokasi yang sering disebut dengan istilah “JT” ini menyediakan beberapa warung makan dengan berbagai menu masakan. Selain itu, kalian juga dapat melihat pemandangan alam dari ketinggian sembari melepas lelah setelah melakukan perjalanan yang panjang. Tidak hanya itu,tempat wisata di Magetan Jawa Timur ini juga sering dikunjungi oleh anak-anak muda untuk hunting foto. Tertarik untuk mengunjungi lokasi ini?

21. Sungai Gandong Magetan
Sungai Gandong yang berlokasi di Lereng Gunung Lawu ini menjadi salah satu wisata Magetan hist yang sering muncul di media sosial. Lokasi ini sangat instagramable karena memiliki aliran air yang jernih, dan tenang. Selain itu, Sungai Gandong juga memiliki bebatuan alam yang sangat cocok untuk dijadikan objek foto kalian. Untuk menuju ke lokasi ini, kalian harus menyusuri jalanan setapak yang lumayan terjal, sehingga menuntut kehati-hatian bagi setiap wisatawan yang mengunjunginya.

22. Pendakian Gunung Lawu
Salah satu gunung yang terkenal sakral di Pulau Jawa adalah Gunung Lawu. Namun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan minat para pendaki untuk menaklukkan gunung ini. Untuk menuju mendaki gunung ini, kalian dapat memilih salah jalur, yaitu Cemorokandang di wisata Tawangmangu Magetan, atau Cemorosewu di Sarangan. Jalur pendakian ini tidaklah terlalu terjal dibandingkan dengan pendakian gunung-gunung yang lain, tetapi para pendaki harus tetap berhati-hati kearena ancaman hipotermia dapat menyerang siapa saja. Selain itu, gunung ini juga cukup unik,  karena memiliki warung makan di puncaknya,  menarik bukan?. Objek wisata di Magetan Jawa Timur ini cocok bagi kalian yang memiliki jiwa petualang.

23. Embung Klumpit
Embung ini berlokasi di Desa Banyudono, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan. Embung Klumpit ini dibangun sekitar tahun 2002, dan digunakan sebagai sumber irigasi masyarakat sekitar. Embung ini memiliki panorama yang indah, pohon-pohon rindang juga ditanam guna menciptakan suasana rindang. FYI, apabila kalian ingin mengunjungi lokasi ini, disarankan untuk tidak datang pada musim kemarau, karena air embung kerap kali surut. 

24. Alun-alun Magetan
Salah satu wisata Kota Magetan adalah Alun-alun Magetan. Lokasi murah dan berada di lokasi yang strategis ini cukup nyaman dijadikan tempat melepas lelah. Wisata ini banyak ditanami pepohonan hijau, serta disediakan beberapa fasilitas pendukung, di antaranya taman bermain, pujasera, dan tempat duduk yang tersebar di sekeliling lokasi. Selain itu, lokasi ini juga sering dijadikan sebagai lokasi berolahraga bagi masyarakat Magetan. Apabila kalian memiliki waktu luang, sempatkanlah untuk mengunjungi tempat wisata di Kota Magetan ini.

25. Pusat Oleh – oleh di Jalan Sawo
Berwisata ke Magetan serasa tidak lengkap apabila tidak mengunjungi pusat oleh-oleh di Jalan Sawo. Lokasi ini menawarkan beberapa makanan khas Magetan, di antaranya emping melinjo, kerupuk kulit, dan kue bola. Selain itu, pusat oleh-oleh ini juga menyediakan berbagai kerajinan khas Magetan, di antaranya Batik Tulis Sidomukti, serta berbagai kerajinan kulit lainnya.
Bagaimana ulasan tempat wisata di Magetan yang sudah kami sajikan, menarik bukan? Apabila kalian berkunjung ke tempat tersebut, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian alam. Jangan lupa juga untuk selalu mengutamakan keselamatan, karena beberapa destinasi wisata yang kita rekomendasikan memiliki jalanan yang lumayan terjal. 
Kunjungi juga tempat wisata Indonesia lainnya, seperti tempat wisata di Ngawi, tempat wisata di Madiun, serta tempat wisata di Ponorogo. 





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel