Travelling ke Pantai Sarangan Di Gunung Kidul



Pantai memang identik dengan kenyaman, santai, tenang, dan relax. Meski terkadang panas menyengat bila matahari tepat berada di ufuk, suasana pantai tetap bisa dinikmati dari pinggiran gazebo, dibawah pepohonan yang rindang atau balkon cottage. Yogyakarta memang dikenal dengan wisata pantainya yang terbentang dari kabupaten bantul, gunung kidul sampai kulon progo. Ketiga lokasi ini pun memiliki karakteritik pantai yang berbeda-beda. Gunung kidul, masih menjadi tujuan utama dari daerah wisata pantai, dibanding wilayah lain yang ada di Yogya. Pantai di Gunung Kidul memang terkenal mengagumkan, hamparan pasir putih yang lembut, dan batu karang yang menghiasi  lautan lepas. Begitupun juga pantai yang satu ini, Pantai Sarangan. Berikut ulasan mengenai pantai yang satu ini.

Pantai Sarangan Di Gunung Kidul

Berkunjung ke tempat wisata ini, tak banyak orang yang tahu bahwa pantai ini sudah berbeda dengan pantai krakal. Letaknya yang memang bersebelahan langsung dengan pantai krakal, membuat beberapa wisatawan mengira kalau pantai ini merupakan terusan dari pantai krakal. Nyata, pantai sarangan yang terpisah oleh tebing ini, memiliki karakteristik sendiri. Selayang pandang, memang tampak sama antara kedua pantai ini, namun jika anda cermat memperhatikan, sebenarnya pantai sarangan memiliki bentuk melengkung dan garis pantai yang pendek, hanya sekitar dua ratus meter saja. Sedangkan topografi pantai krakal adalah lurus memanjang. Selain itu, cirri khas pantai sarangan adalah ukuran batu karang yang lebih besar daripada yang berada di pantai krakal.
           
Keindahan alam di pantai ini memang sudah tidak diragukan lagi, birunya air laut, dan ombak yang cenderung sering surut dapat menjadi tempat bermain yang aman, tentunya dengan cacatan tidak berada di dekat batu karang. Keuntungan lainnya, di waktu-waktu tertentu pengunjung akan melihat biota laut di bibir pantai, seperti ubur-ubur, bahkan bintang laut. Hati-hati jangan sampai tersengat ubur-ubur, dampaknya biasanya akan merasakan panas dan gatal.
            
Menjelajah pantai sarangan, rugi rasanya bila tak mendaki tebing. Tebing ini dikenal dengan nama bukit jujugan pantai sarangan. Bukti inilah yang memisahkan pantai krakal dan pantai sarangan. Akses menaiki bukit ini juga telah mudah. Dilengkapi jembatan serta anak tangga yang menghubungkan kedua pantai ini. Dengan fasilitas ini, pastinya memudahkan wisatawan untuk bisa sekaligus berwisata baik ke pantai krakal maupun pantai sarangan.
            
Sesampainya diatas, wisatawan akan tersepona dengan bentang alam yang luas dan berwarna biru, seakan seluruh permukaan bumi didominasi warna biru. Tak hanya itu, hamparan pantai sundak juga terlihat dari puncak ini. apalagi, dengan bukit bukit yang hijau yang mengelilingi pantai-pantai di Gunung Kidul. Dijamin, kembali ke rutinitas harian rasanya pun enggan. Puncak bukit jujugan dibuka juga untuk pengunjung yang ingin menyaksikan proses sang fajar menyingsing, anda bila melihat sunrise dimulai pada pukul 04.30 WIB untuk menaiki anak tangga. Sedang untuk melihat sunset, tak kalah bagusnya untuk dinikmati dipuncak bukit, tetapi bila malam telah tiba, pengunjung lebih baik untuk segera turun karena dikhawatirkan bila ombak pasang, gelombangnya bisa sampai di pinggiran bukit. Terlebih bukti ini tak begitu tinggi, hanya sekitar tiga sampai empat meter. Bukti lain yang dapat anda naik sampai ke puncaknya adalah bukit giri sarangan, bukit ini juga difailitasi jalan setapak yang memudahkan pengunjung, Fasilitas lain juga disediakan disini, pengunjung tak perlu repot-repot untuk membawa semua perabotan rumah karena disinipun tersedia warung-warung makan, mushola, kamar mandi maupun toilet, dan penginapan.
            
Letak pantai sarangan berada ditengah-tengah antara pantai krakal dan pantai butuweng, tepaknnya di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa memasuki kawasan ini, pengunjung akan dikenakan tket di pos pembayaran sebesar Rp 10.000 per orang dan biaya parkir untuk motor Rp 3000 dan mobil Rp 5000. Rute pantai sarangan gunung kidul, dapat anda tempuh selama satu jam dari pusat kota Yogya, dari jalan wonosari, anda tinggal mengikuti petunjuk arah jalan pantai baron. Untuk anda yang berangkat dari luar kota Yogyakarta, seperti Solo. Jalan yang lebih dekat bisa anda pilih melalui Sukoharjo – Wonosari – Wuryantoro – Eromoko - Pracimantoro dan sampai di Kecamatan Tanjungsari. Lalu melewati rute yang sama untuk menuju pantai sarangan.
            
Itulah ulasan singkat mengenai Pantai Sarangan, jangan kaget apabila pantai ini memang masi sepi pengunjung, tetapi karena itulah pantai ini cocok untuk anda yang menginginkan liburan jauh dari padatnya wisatawan. Selamat berwisata.

Baca juga seputar Destinasi Wisata Paralayang Batu di Malang


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel